Senin, 09 September 2013

"Pengalaman adalah guru yang paling baik"

Aku yakin kita semua pasti telah mengenal pepatah di atas dan aku yakin juga bahwa kita semua setuju dengan pepatah itu. Tak akan ada yang menyangkal bahwa memang pengalaman-lah guru yang terbaik. Nah.., masalahnya adalah bagaimana kita bisa menjadikan pengalaman itu sebagai guru yang terbaik. Dan apakah masing-masing dari kita dapat mengambil pelajaran dari pengalaman itu ?

Manusia menjalani kehidupannya sendiri dan oleh karenanya masing-masing orang memiliki pengalaman yang berbeda dari yang lainnya. Tentu saja orang-orang yang kaya akan pengalaman hidup akan mendapatkan banyak pelajaran yang berharga. Namun, bagi orang-orang yang tak memiliki banyak pengalaman, tetap saja dapat mengambil pelajaran dari pengalaman orang lain. Untuk mendapatkan 'pelajaran' tentang kehidupan, kita tak harus mengalami sendiri bukan ? Bukankah pengalaman orang lain pun dapat menjadi pembelajaran bagi kita ?


Meskipun seseorang mendapatkan pengalaman hidup yang sama dengan orang lain, tapi sikap mereka dalam menyikapi pengalaman itu bisa saja tidak sama. Cara seseorang memandang pengalamannya sangat mempengaruhi dalam mengambil pembelajaran dari pengalaman itu. Tentu saja orang-orang yang berpikiran positif akan mendapatkan lebih banyak manfaat dari pengalaman itu.
Itulah sebabnya aku menulis dan berbagi banyak hal di sini. Walau terkadang tulisanku hanya bercerita tentang diriku  ~ yang seringkali tidak penting ~  tapi aku yakin... setidaknya ada satu atau dua orang yang dapat mengambil pelajaran dari apa yang aku tuliskan disini. 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar